Kecelakaan bus hantika di tol pemalang batang

UMKMJateng.my.id - Sebuah kecelakaan tragis terjadi di ruas Tol Pemalang-Batang KM 320+800 Jalur A, Desa Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada Minggu (21/1/2024) siang. 

Bus PO New Shantika K-1736-CB yang membawa 20 penumpang, 1 sopir, 1 sopir cadangan, dan 1 kondektur, terjun bebas dari jalan tol dan terperosok ke bawah underpass pedesaan.

Menurut Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, kronologi kecelakaan berawal saat bus tersebut melaju dari arah barat ke timur.

Menurut Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, kronologi kecelakaan berawal saat bus tersebut melaju dari arah barat ke timur. Saat di lokasi kejadian, pengemudi bus diduga tidak fokus saat mengemudikan kendaraannya, oleng ke kiri, membentur guardrail sisi kiri, dan terjun bebas.

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang meninggal dunia, yaitu seorang penumpang bernama Siti Nurhayati (45) asal Semarang, dan seorang sopir cadangan bernama Agus Setiawan (35) asal Batang.

Selain itu, 20 orang lainnya mengalami luka-luka, baik ringan maupun berat, dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Satake Bayu menambahkan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan. 

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

“Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan barang bukti. Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan taat aturan saat berkendara di jalan tol,” ujarnya.

Bus New Shantika yang terjun bebas sekitar 20 meter berhasil dievakuasi ke jalan tol menggunakan truk crane. 

Bus tersebut mengalami kerusakan parah di bagian depan dan samping. Saat ini, bus tersebut sudah diamankan oleh pihak yang berwenang untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.<>