Cara cek bansos 2024 dengan mudah

Bantuan sosial (bansos) merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

Ada berbagai jenis bansos yang disalurkan, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan Bantuan Siswa Pintar (PIP).

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos 2024, Anda bisa melakukan pengecekan secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id. 

Link ini merupakan laman resmi dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang menyediakan informasi tentang penerima manfaat bansos.

Berikut ini adalah cara cek penerima bansos 2024 di link cekbansos.kemensos.go.id:

1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data wilayah penerima manfaat, termasuk provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa serta kelurahan.

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Isi kode captcha yang ditampilkan.

5. Klik tombol “Cari Data”.

Jika Anda menjadi penerima bansos 2024, maka Anda akan melihat informasi tentang jenis bansos, nominal, dan status penyaluran. 

Jika Anda tidak menjadi penerima bansos 2024, maka Anda akan melihat pesan “Data tidak ditemukan”.

Anda juga bisa mengecek penerima bansos 2024 melalui aplikasi DTKS Mobile yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. 

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang menjadi dasar penentuan penerima bansos.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299 atau mengirimkan email ke [layanan@kemensos.go.id] jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan terkait bansos 2024.


Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat dan informatif. <>